Proses Pencarian Informasi dan Evaluasi Informasi

Apa itu Informasi

Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Evaluasi Sumber Informasi

Untuk memfilter sumber-sumber informasi yang ingin kita gunakan maka dibutuhkan adanya “evaluasi sumber informasi”. Adapun tujuan dari evaluasi sumberinformasi itu sendiri adalah untuk memperoleh informasi yang kredibel. Berikut kriteria yang harus ada dalam mengevaluasi sumber informasi:
1) Authorship (Kepengarangan)
2) Motive/Intention (Motif/Tujuan)
3) Objectivity(Objektivitas)
4) Currency (Kemutakhiran)
5) Verifiable facts & References (Berdasarkan fakta dan referensi yang dapat diverifikasi)
6) Expert review (Apakah sumber informasi tersebut telah direview oleh ahli yang ada di bidangnya)
7) Stability (Kestabilan/apakah sumber informasi tersebut dapat diakses setiap tahun)

Proses Pencarian Informasi

Terdapat 4 Metode dalam proses mencari informasi, yaitu:

1.Kuhlthaus
Proses pencarian informasi menurut Kuhlthau (1993) dapat dibagi menjadi 6 tahap yaitu: inisiasi, seleksi, eksplorasi, formulasi, koleksi dan presentasi.
Kuhlthau menguraikan bahwa pola pencarian informasi sifatnya berjenjang, dimulai dari sesuatu yang tidak jelas, sampai pada tahap kejelasan dari informasi yang dicarinya.

2. Alberta Inquary
Menurut Arends dalam Learning to Teach, tujuan dan hasil belajar pembelajaran inkuiri ada empat, yakni untuk memperoleh pengetahuan, pengembangan keterampilan berpikir dan bernalar, metakognisi, sikap positif dan penghargaan untuk pengetahuan yang sementara diperoleh. Dengan kata lain, model inkuiri berkaitan dengan aktivitas pencarian pengetahuan atau pemahaman untuk memuaskan rasa ingin tahu sehingga siswa akan menjadi pemikir kritis dan kreatif yang mampu memecahkan masalah.

3. Flip IT

Focus = Kata kunci dan istilah penelusuran untuk digunakan
Links = Lokasi sumber informasi
Input = Informasi yang dibutuhkan. (menyortir, menyaring, dan menyimpan informasi yang sudah didapat sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan tidak sembarang).
Pay-off = tahap penyelesaian dan memperlihatkan informasi yang sudah kita dapatkan (susun informasi yang didapat dan sajikan)
IT (If…Then…) = Evaluasi hasil dan proses


4. THE BIG6

The Big6 seperti namanya, memiliki 6 buah langkah efektif yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah, “step by step”. Keenam langkah tersebut adalah:

1)Task Definition/Mendefinisikan masalah
Dalam tahap ini, kita diajak untuk memulai perjalanan untuk memecahkan masalah kita dengan mendefinisikan masalah secara menyeluruh.

Information Seeking Strategies/ Strategi pencarian informasi
Dalam tahap ini, setelah kita membatasi informasi apa yang akan kita cari, maka kitapun dapat membatasi perencanaan terhadap sumber-sumber informasi yang kita cari.

2)Information Seeking Strategies/ Strategi pencarian informasi.
Dalam tahap ini, setelah kita membatasi informasi apa yang akan kita cari, maka kitapun dapat membatasi perencanaan terhadap sumber-sumber informasi yang kita cari.

3)Location and Access/ Lokasi dan akses
Maka pencarian informasi yang tersimpan dalam berbagai sumber informasi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

4)Use of Information/Menggunakan informasi yang sudah tersedia
Pada tahap keempat ini kita dihadapkan pada tahap dimana semua informasi sudah berada ditangan kita, dan kita harus menyeleksi informasi ditangan kita tersebut.

5)Synthesis/Sintesa
Lakukan penggabungan berbagai informasi yang telah kita dapatkan dan masih tersebar secara konsep.

6)Evaluasi
Dalam tahapan ini, yang diharapkan adalah bagaimana siswa dapat memberikan penilaian terhadap hasil dan proses yang sudah berhasil dilaluinya.

Referensi :

https://citrariasya.wordpress.com/2016/09/24/4-metode-pencarian-informasi/
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-informasi.html
http://anitatriwidiyawati.lecture.ub.ac.id/2013/06/evaluasi-sumber-informasi/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *