Mencari Informasi di Internet

Informasi berharga

Informasi merupakan kumpulan data/fakta yang diorganisir, diolah, dan dimanipulasi sehingga mempunyai arti, nilai, dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Informasi dianggap berharga jika memenuhi beberapa kriteria berikut :

1. Mendukung menyelesaikan masalah (mencari solusi)

2. Menghemat waktu pengerjaan

3. Membantu mencari gagasan baru

4. Membantu mengambil keputusan

5. Membantu perkembangan teknologi

6. Membantu perkembangan pendidikan

Tentunya suatu informasi yang berharga akan sangat bermanfaat bagi penerima informasi, membantunya dalam menyelesaikan masalah, menambah wawasan pengetahuan, membantunya meningkatkan keahlian dalam suatu bidang, dan masih banyak yang lainnya.

Ada 3 hal yang dapat mempengaruhi kualitas informasi.
Menurut Agus Mulyanto, 2009 : 247.  Kualitas informasi ini sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh tiga hal pokok, diantaranya yaitu :

  1. Akurasi (Accuracy)
  2. Tepat Waktu (Timeliness)
  3. Relevansi (Relevancy)


1.Akurasi (Accuracy)

Akurasi adalah sebuah informasi yang harus akurat karena dari sumber informasi hingga penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut. 

2.Tepat Waktu (Timeliness)

Informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, karena informasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan. 

3.Relevansi (Relevancy)

Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Hal ini berarti bahwa informasi tersebut harus bermanfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan lainnya berbeda.

Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan perorangan.

Evaluasi Web

Secara umum ada beberapa parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :

  • Accesibility

Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA .

  •   Readibility

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.

  •   Speed

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik. 

  • Content

Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.

  •   Technology

Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.

Tipe Web

Berikut ada beberapa tipe tipe web yang harus diketahui, seperti :

1.Web Informatif

2.Web Personal

3.Web kelompok politik/ perorangan

4.Web Pemasaran

5.Web hiburan

Mencari di Internet

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari informasi di internet, seperti : gunakan mesin pencari, mengidentifikasi web site, memeriksa kredibilitas, menentukan kedalaman dan keluasan ruang lingkup informasi, dan memeriksa tanggal informasi tersebut. Kemudian juga ada beberapa hal dalam mencari informasi di internet, seperti :

Gunakan Kata yang Lebih Spesifik

Salah satu kelalaian yang sering dibuat ketika melakukan pencarian melalui Google adalah menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Untuk itu, mulai sekarang jangan luapa untuk selalu menggunakan kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang. Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang konsep LTF, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “LTE concept” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan LTE di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

Gunakan Kata yang Bervariasi

Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, mencoba dengan kata kunci yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa. Oleh karna itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetik kata “LTE concept” dan tidak memdapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

Gunakan Kalimat Tanya

cara mencari informasi di internet selain menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal LTE, Anda dapat menggunakan kata tanya “apa itu LTE?”. Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti ini selain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan !?

“Tanda Kutip” Sakti Google

Bila suatu saat Anda mengunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetik “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tantu berkaitan dengan mereka dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA. Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

Gunakan Tanda Plus(+) dan Minus (-)

Tanda (+). untuk menanbahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. Misalkan “Jelly Bean” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk Nexus, maka Anda cukup mengetik “Jelly Bean” + Nexus pada kontak pencarian Google. Hasilnya selain mencari keyword “Jelly Bean” google juga akan menepatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “Nexus”.

Tanda (-). Tentu saja digunakan untuk mempersempit hasil pencarian. Lalu apa gunanya? Kenapa kita harus mempersempit hasil pencarian? Seperti diketahui, Google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dan sebagainya.

Referensi:

http://ikhsanputrapratama.blogspot.com/2013/04/web-evaluation-mengevaluasi-sebuah.html
http://itjambi.com/apa-itu-internet/
https://santosaland.wordpress.com/2017/04/20/informasi-berharga/
https://timur.ilearning.me/2015/12/24/apa-yang-mempengaruhi-kualias-informasi/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *